Ketahui Manfaat Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ketahui Manfaat Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Zombieinvasion –┬áListrik statis adalah listrik dengan muatan diam atau statis, berbeda dengan listrik dinamis yang muatan listriknya selalu bergerak. Dalam pengertian, listrik jenis statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau di permukaan suatu benda. Sedangkan muatan listrik tetap ada sampai hilang begitu dilepaskan.

Listrik berasal dari kata Yunani electron yang artinya amber, amber adalah pohon damar yang membatu. Sifat batu ini menarik benda-benda kecil setelah digosok, yang kemudian dikembangkan oleh seorang ilmuwan Yunani, Thales of Miletus, dengan eksperimen yang menghasilkan penemuan muatan listrik.

Manfaat Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Cat Mobil

Saat cat disemprotkan, partikel cat yang halus menjadi bermuatan karena bergesekan dengan udara. Kendaraan yang dicat menerima muatan berlawanan dari partikel cat, sehingga tetesan cat tertarik ke kendaraan.

Cara ini berguna jika kendaraan memiliki permukaan yang tidak rata. Karena partikel cat akan saling menempel dan mengikuti medan listrik yang ada.

Akibatnya, tetesan cat akan menutupi bagian kendaraan yang mungkin tersembunyi dari lapisan semprotan. Cara ini akan memungkinkan cat menutupi secara merata dan masuk ke tempat tersembunyi.

2. Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi pertama kali dirancang oleh fisikawan Amerika bernama Chester F. Carlston. Mesin ini menggunakan gaya Coulomb dan prinsip pengisian induksi.

Bagian utama dari mesin fotokopi adalah pelat fotokonduktif. Panel ini tidak menghantarkan listrik saat berada di ruangan gelap. Daun baru menghantarkan listrik saat terkena cahaya.

Awalnya, pelat fotokonduktif diinduksi dengan menggerakkan konduktor bermuatan negatif di sepanjang permukaannya. Oleh karena itu, pelat dibentuk dengan muatan positif yang diinduksi.

Jika kertas fotokopi disinari, cahaya yang dipantulkan akan mengenai pelat fotokonduktif yang telah mengandung muatan induksi. Akibatnya, muatan listrik terbentuk persis seperti di atas kertas.

Tinta bermuatan negatif disemprotkan ke piring. Tinta tersebut kemudian dipindahkan ke jenis kertas lain untuk membuat fotokopi. Lapisan kertas ini akan dipanaskan agar tinta menempel dengan kuat. Listrik statis mempengaruhi beberapa perangkat elektronik.

3. Printer Inkjet

Printer ini bekerja dengan cara menyemprotkan partikel halus tinta ke permukaan kertas. Dengan beberapa titik injeksi, bahan yang akan dicetak akan menunjukkan bentuknya.

Namun, untuk melakukannya, printer harus mengontrol posisi aliran tinta yang jatuh dengan menerapkan gaya elektrostatis. Tetesan tinta kecil diisi saat disemprotkan melalui saluran kecil di kepala cetak.

Partikel kemudian akan melewati dua pelat logam. Jika kedua pelat menerima potensial listrik, tetesan tinta akan terisi.

Dengan menyesuaikan beban pada pelat, printer mengontrol arah jatuhnya tetesan tinta yang terisi. Jika partikel tinta bermuatan positif, mereka akan tertarik ke pelat bermuatan negatif dan ditolak oleh pelat bermuatan positif. Oleh karena itu, tetesan tinta akan diarahkan ke atas.

4. Pengumpul Asap

Pengumpul asap berguna untuk mengurangi polusi udara dari cerobong asap pabrik. Penggunaan alat ini dilakukan dengan menggabungkan dua logam dengan tanda yang menonjol di seberang cerobong asap yang dipasang pabrik.

Partikel asap yang mengalir melalui cerobong akan dibuat memiliki muatan yang diinduksi. Muatan yang dihasilkan adalah positif dan negatif.

Partikel asap ini saling menarik satu sama lain untuk membentuk partikel yang lebih besar dan lebih berat. Berat yang bertambah akan mencegah partikel terbawa asap. Partikel akan jatuh ke dasar cerobong asap.

Selain meleleh, partikel asap bermuatan juga tertarik ke logam aktif di cerobong asap.

Partikel-partikel ini kemudian menambah logam dan membentuk gumpalan yang lebih besar. Oleh karena itu pasta mudah dibersihkan dan dapat mengurangi polusi udara.

Sumber:

Kelas PLC